Leave a comment

7 hewan yang berevolusi

7 hewan yang berevolusi versi On The Spot yang ditayangkan di Trans7 tadi sore lebih unik daripada biasanya. Lebih unik karena beberapa diantara hewan yang katanya berevolusi itu ternyata disebutkan sudah hampir punah terutama karena faktor perubahan lingkungan (habitat)-nya.
Kok bisa?

Evolusi (dalam ilmu alam) secara sederhana dapat dijelaskan sebagai perubahan (mutasi dan rekombinasi) genetis atau struktur tubuh makhluk hidup yang dipengaruhi lingkungan hidupnya. Paling tidak itu yang masih saya ingat dari pelajaran dulu di sekolah. Banyak bukti-bukti ilmiah yang telah membantah teori ini, tapi yang cukup unik dari tayangan di tv tadi sebetulnya sesuatu yang lebih kentara buat kacamata awam, bagaimana mungkin 7 hewan yang katanya berevolusi, tapi kok hampir punah karena faktor perubahan lingkungan?

Salah satu asumsi dasar evolusi adalah adaptasi gen atau struktur tubuh pada kondisi atau perubahan lingkungannya, jadi dengan asumsi ini sebetulnya tidak perlu ada makhluk hidup yang punah karena perubahan lingkungan, karena perubahan lingkungan itu seharusnya mendorong terjadinya evolusi, dan bukannya kepunahan. Tentu saja, Darwin sejak awal sudah menyatakan adanya seleksi alam. Ya, tentu saja, jadi kenapa hewan-hewan yang berevolusi tetap hampir punah juga? 🙂

Leave a comment